Ada Beberapa Hal Positif Untuk Mengisi Waktu Libur Semester

Ada Beberapa Hal Positif Untuk Mengisi Waktu Libur Semester

Gambar Google
AMONMAWI | Liburan memang menjadi salah satu hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap mahasiswa. Namun liburan yang terlalu panjang? Hmm, bisa jadi liburan panjang malah membuatmu sebagai mahasiswa menjadi bermalas-malasan. Tentu hal ini dapat membuat daya pikir menjadi 'tumpul'.

Liburan semester menjadi saat yang tepat untuk rehat melepas penat setelah rutinitas kuliah yang padat. Biasanya, para mahasiswa pulang ke rumah saat liburan semester. Ada juga yang pergi piknik, berwisata untuk refreshing. Tapi ada juga yang Cuma tetap di kost atau kontrakan, kemudian banyak tidur dan main game terus.

Sebenarnya, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan untuk mengisi liburan agar lebih berkesan selain pulang ke rumah atau tiduran di kost dan maen games.

Berikut tujuh hal produktif dan bermanfaat yang dapat kamu lakukan pada masa liburan semester.

Mengikuti program Semester Pendek (SP) di kampus.

Bingung mau mengisi waktu luang pada saat liburan dengan cara apa? Mungkin kamu bisa mencoba program Semester Pendek (SP) di kampus. Selain untuk mengisi waktu luang, program SP ini tentu nantinya dapat membuatmu lulus lebih cepat dari seharusnya karena kamu mengambil mata kuliah lebih cepat dari teman-temanmu yang tidak mengikuti program SP. Bermanfaat, bukan?

Berlibur dan berpetualangan dengan teman maupun keluarga.

Dari pada berlumut di rumah karena bosan, lebih baik kamu menghabiskan waktumu dengan berlibur dengan teman maupun keluarga. Kamu bisa mengunjungi tempat-tempat unik dengan teman maupun keluarga. Tidak hanya membuatmu segar kembali, liburan dapat mempererat hubunganmu dengan teman atau keluargamu.

Mengikuti program magang untuk menambah pengalaman dan koneksi.

Tidak ada salahnya kamu mengikuti program magang pada masa libur semester yang begitu panjang. Tidak hanya menambah pengalaman yang nantinya sangat berguna bagimu, dengan mengikuti program magang kamu juga dapat menambah koneksi pertemananmu agar semakin luas.

Mengembangkan jiwa wirausaha dengan memulai bisnis.

Masa kuliah adalah masa yang tepat untuk mengembangkan jiwa wirausaha yang kamu miliki. Kamu bisa membangun bisnis sendiri, maupun bersama teman-temanmu. Siapa tahu, bisnis yang kamu cipatakan tidak hanya bermanfaat bagi dirimu sendiri, namun juga dapat bermanfaat bagi orang lain.

Mengikuti kursus untuk mengembangkan bakat dan keterampilan yang kamu miliki.

Kamu bisa mengikuti berbagai kursus yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Misalnya saja kursus bahasa asing maupun kursus memasak yang tentu akan bermanfaat bagimu. Selain itu, kamu juga dapat menambah jaringan pertemanan di tempat kursusmu.

Mengembangkan hobi yang kamu miliki.

Mungkin selama masa perkuliahan kamu tidak sempat untuk mengembangkan hobi yang kamu miliki karena segala kesibukan perkuliahan yang memusingkanmu. Liburan semester bisa jadi waktu yang tepat untukmu untuk mengembangkan minat dan bakat yang kamu miliki.

Mempersiapkan diri untuk semester berikutnya.

Kamu tentu dapat memanfaatkan waktu untuk mempersiapkan diri menghadapi semester berikutnya, misalnya dengan mulai mempelajari berbagai materi yang akan diajarkan. Dengan ini, tentu kamu akan siap tempur menghadapi semester yang akan datang.

Liburan bukan alasan agar kamu bermalas-malasan, kan. Kira-kira, kamu akan memilih kegiatan yang mana untuk mengisi liburanmu agar tetap produktif? [Editor]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Banner

Iklan Bawah Artikel

Banner